Resep Kue Kering Super Enak Gurih Banget

Resep Kue Kering Super Enak Gurih Banget - Kue semprit ini salah satu kukis yang saya pelajari pertama kali. Gara-gara menonton tetangga bikin kue semprit inilah saya langsung jatuh cinta dengan baking atau bikin kue. Proses penyemprotan kuker di atas loyang memakai spuit itu membikin saya terkagum-kagum sebab hasilnya dapat semacam bunga. Waktu itu saya tetap TK lho. Heran dengan bentuk bunga yang keluar dari spuitnya. Kok dapat cantik gitu ya. Seusai ABG saya baru dapat mencoba membikinnya. Pertama kali bikin orisinil mbleber gak karuan, ketika dispuit sih cantik bentuknya.

Begitu masuk oven duh bentuknya nggak karuan. Kelopak bunganya ilang semua. Berulangkali saya mencoba tapi mbleber semakin. Seusai baca-baca tabloid serta majalah untuk cari solusi nyatanya penyebabnya ada pada pengocokan mentega. Terlalu lama mengocok nyatanya menyebabkan mentega jadi mengembang serta hasilnya bakal melebar ketika dipanggang. Resep yang ada di bawah merupakan hasil googling sana-sini, hasil baca majalah atau tabloid serta telah saya modif ya. Seusai berbagai kali bikin saya suka dengan resep ini. Hasilnya wangi serta renyah. Rasanyapun tak terlalu manis. Pas deh.

resep kue kering semprit

Resep Kue Kering Semprit Lezat

Bahan :
  • 125 gr mentega

  • 100 gr margarin

  • 175 gr gula halus

  • 1/2 sdt vanili bubuk

  • 3 butir kuning telur

  • 375 gr tepung terigu

  • 30 gr tepung jagung/maizena

  • Cokelat chips untuk hiasan
Cara membikin :
  1. Dalam suatu  wadah besar masukkan mentega, margarin, gula halus serta vanili, kocok memakai mixer speed rendah hingga rata saja (± 30 detik).

  2. Masukkan kuning telur satu per satu sambil dikocok hingga rata. Matikan mixer.

  3. Masukkan tepung jagung serta terigu dalam berbagai bagian, aduk memakai spatula hingga rata.

  4. Siapkan loyang kue kering, alasi kertas roti serta olesi dengan margarin. Panaskan oven dengan suhu 150°C.

  5. Gunakan spuit bentuk bintang/kerang, ambil adonan secukupnya serta masukkan ke dalam celah spuit. Semprot/tekan menggunaan jempol tangan (bukan jempol kaki lhoooo...) berbagai kali jadi terbentuk kelopak bunga bertumpuk-tumpuk. Perbuat hingga loyang terisi penuh serta beri jarak diantaranya agar tak menempel satu sama lain.

  6. Panggang dalam oven selagi 25-30 menit hingga bagian dasarnya agak kecoklatan. Keluarkan dari oven serta biarkan hingga agak keras di atas loyang. Seusai keras pindah ke atas rak serta dinginkan. Masukkan dalam toples.
Note :
  • Adonan yang dihasilkan adakalanya agak lembek atau malah agak kering. Faktor ini sebab kelembaban tepung tak sama-beda. Apabila terlalu lembek serta sangat lengket tambahkan terigu sesendok-demi sesendok hingga adonan tak terlalu lembek lagi. Tapi apabila terlalu kering serta berat/keras dispuit masukkan air matang suhu ruang/air es setidak sedikit 1-2 sendok makan kemudian aduk rata memakai spatula. Air es/dingin berfungsi menjaga suhu mentega agar tak panas.
  • Ketika menyemprot, saya tak memakai piping bag atau plastik segitiga melainkan langsung memasukkan adonan ke dalam spuitnya (cara jadul gitu). Saya lebih suka tutorial ini sebab lebih cepat serta lebih mudah dispuit. Tapi apabila ingin memakai piping bag boleh saja tapi perhatikan kaidah di atas ya mengenai tingkat kepekatan adonan. Atau dapat juga pake spuit yang ada tabungnya agar jempol tak capek menyemprot adonan.
  • Ketika menyemprot adonan di atas loyang jangan terlalu tebal agar tak keras hasilnya. Apabila terlalu tebal waktu panggang bakal lebih lama yang mengdampakkan kukis jadi keras.
  • Ketika dioven saya lebih suka memakai suhu lebih rendah daripada biasanya. Kue kering biasa dipanggang dengan suhu 160°C. Tapi saya pake suhu 140-150°C saja dengan tujuan agar dapat kering hingga ke dalam. Terbukti waktu yang dibutuhkan lebih lama tapi insya Allah dapat kering hingga ke dalam jadi dapat lebih tahan lama. Lama pengovenan tergantung dari oven masing-masing ya. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Kue Kering Super Enak Gurih Banget