Manfaat Vitamin C Untuk Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun adalah masa dimana ia rentan terserang penyakit. Hal ini dikarenakan ia belum memiliki cukupsistemimun yang baik seperti halnya orang dewasa. maka untuk memperbaiki sistem imun ini, perlu asupan yang baik. Salah satunya ialah vitamin C, yang membantunya tumbuh lebih sehat dan juga kuat.

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anak agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Maka penting bagi orangtua untuk tahu seberapa banyak kebutuhan anak akan vitamin anak ini setiap hari, apa sumber terbaik dari vitamin C dan bagaimana membuat anak mendapatkan jumlah yang tepat berdasarkan usia.

vitamin anak

Kenapa Vitamin C Anak 2 Tahun  Penting?
Vitamin C membantu membentuk dan memperbaiki sel darah merah, tulang dan jaringan tubuh anak. Selain itu juga membantu menjaga gusi anak untuk tetap sehat serta memperkuat pembuluh darah, meminimalkan memar yang disebabkan karena terjatuh. Vitamin C membantu penyembuhan luka, memperkuat pertahanan tubuh dan membantu mengendalikan infeksi. Dan juga membantu tubuh menyerap zat besi.

Pentingnya vitamin C menjadi wajib diberikan untuk anak setiap harinya. Vitamin c anak 2 tahun ini perlu dipertimbangkan dosis yang tepat.

Berapa banyaknyavitamin C yang dibutuhkan anak sesuai usianya:
  • 1 hingga 3 tahun: 15 miligram (mg) setiap hari
  • 4 hingga 8 tahun: 25 mg setiap hari
Vitamin C hadir dalam begitu banyak jenis makanan. Pemberiannya membantu anak tumbuh sehat. Aneka sayur dan buah banyak mengandung vitamin C, hingga tak perlu khawatir mencari sumber vitamin ini.

Manfaat yang diberikan Vitamin C Untuk Anak
Vitamin C atau asam askorbat diperoleh melalui dari makanan berupa buah-buahan dan sayuran. Salah satu peran penting dari vitamin cialah untuk penyerapan mineral seperti zat besi.

Vitamin C ini, berperan  pula sebagai antioksidan yang kuat, sehingga selain menunda melindungi kulit dapat pula membantu menyembuhkan luka.

Sistem kekebalan tubuh juga bisa terbentu karena adanyavitamin C. Sehingga dengan konsumsi yang tepat, mampu memperkuat pertahanan imun anak-anak dan orang dewasa seperti dapat menghindari flu yang biasa datang karena  perubahan musiman.

Jika khawatir anak tidak cukup mengonsumsi vitamin C, konsultasikan dengan dokter anak yang akan memberi orangtua alternatif terbaiknya.
Sumber vitamin c anakyang baik dan sehat:
  • 1/4 cangkir jambu biji: 82,5 mg
  • 1/2 cangkir jus jeruk: 50 mg
  • 1/4 cangkir paprika merah: 47,5 mg
  • 1/4 cangkir pepaya: 47,5 mg
  • 1/4 cangkir kiwi: 41 mg
  • 1/2 jeruk sedang: 30 mg
  • 1/4 cangkir brokoli: 30 mg
  • 3 stroberi sedang: 21 mg
  • 1/4 cangkir grapefruit berwarna merah muda (grapefruit): 23 mg
  • 1/4 cangkir semangka: 17 mg
Tomat, mangga, dan kentang merupakan sumber vitamin c lainnya. Takaran pemberiannya tergantung pada ukuran buah atau sayuran. Anak-anak dapat makan lebih besar atau lebih kecil dari porsi di atas, tergantung usia anak dan selera makan mereka.

Lalu, bagaimana jika anak terlalu banyak konsumsi vitamin C? Berbahayakah bagi anak?

Karena vitamin C larut dalam air, setiap kelebihan yang dikonsumsi akan dikeluarkan melalui urin. Namun, dosis yang tidak tepat dan cenderung berlebihan dapat menyebabkan mual, diare, batu ginjal dan gastritis (radang selaput perut).

Pemenuhannya harus sesuai usia dan kebutuhan tubuh. Jika berlebihan malah justru membuat tubuh memberikan gejala yang buruk.
Latest